Pengertian Loyalty Code OVO dan Cara Menggunakannya

Di aplikasi OVO, ada beberapa fitur yang masih orang-orang awam masih tidak pahami. Seperti fitur loyalty code OVO yang terletak di bawah profil akun OVO.

Saat dipencet, muncul garis-garis-garis tebal dan tipis serta kode-kode angka unik untuk tujuan pembayaran. Pengguna dapat menggunakan kode ini untuk bertransaksi dengan cara lebih simpel dan cepat.

Apa Itu Loyalty Code OVO?

Loyalty code OVO adalah sebuah barcode yang dapat digunakan untuk pembayaran di toko yang melayani pembayaran dengan OVO.

Cara kerjanya dengan menunjukkan kode barcode tersebut, pihak kasir akan melakukan scan, dan pembayaran akan langsung memotong saldo Anda.

Contoh Penggunaan Loyalty Code OVO

Misalnya begini, Anda membeli ice cream di toko seharga 10 ribu. Kasir kemudian meminta Anda melakukan pembayaran. Pembayaran juga dibolehkan menggunakan OVO.

Lalu Anda membuka aplikasi OVO, kemudian membuka loyalty code OVO, dan menunjukkan barcode unik yang tampil.

Kasir menggunakan alatnya, men-scan barcode tersebut. Dan saldo OVO Anda telah terpotong sebanyak 10 ribu, dan pembayaran telah selesai. Anda boleh pulang sambil menikmati ice cream yang sudah dibayar.

Perbedaan Antara Loyalty Code OVO, Kode QRIS, dan Kode Bayar

Ada setidaknya 3 jenis cara bayar simpel di OVO tanpa repot memasukkan nomor rekening atau nomor telepon. Tinggal scan, dan selesai.

Tiga jenis itu adalah loyalty code, kode QRIS dan kode bayar.

Loyalty Code

Kode QRIS

Kode Bayar

Cara Bayar dengan OVO Memakai Loyalty Code

  1. Buka aplikasi OVO
  2. Masuk ke Profile
  3. Klik Loyalty Code
  4. Tunjukkan pada kasir
  5. Kasir akan melakukan scan
  6. Berikutnya muncul notifikasi pembayaran di aplikasi OVO
  7. Kemudian pilih metode pembayaran. Dengan OVO Points atau Saldo Utama OVO Anda
  8. Klik Bayar
  9. Dan selesai

Intinya, loyalty OVO itu digunakan membayar transaksi Anda. Meski agak aneh, kenapa dinamakan loyalty? Yang artinya kesetiaan. Ini kode kesetiaan?

Atau dengan memakai pembayaran ini, akan menunjukkan loyalitas Anda dengan OVO? Entahlah, saya sudah bertanya-tanya ke call center OVO, tapi jawabannya tidak memuaskan. Mereka cuma menjelaskan kalau loyalty code salah satu metode bayar dengan cara discan saja.